The Conjuring : Kisah Teror Rumah Keluarga Perron

Jika kalian pecinta film horror, The Conjuring mungkin harus kalian masukkan ke dalam list wajib kalian. The Conjuring sendiri telah hadir di bioskop-bioskop kesayangan anda sejak tanggal 19 Juli 2013 lalu, tapi aku sendiri baru menyaksikannya seminggu setelah tayang yaitu tanggal 27 Juli lalu 😀

Pemain The Conjuring yang terdiri dari : Ron Livingston, Lili Taylor, Patrick Wilson, Vera Farmiga, Shanley Caswell, Hayley McFarland, Joey King, Mackenzie Foy, Kyla Deaver, serta sang director James Wan, sukses menyuguhkan tontonan yang memberikan ketakutan dan suasana mencekam yang kuat. Bila sebelumnya kalian pernah menonton “Insidious” pasti kalian merasakan feel dari film tersebut di The Conjuring ini. Benar sekali, James Wan juga sebelumnya menjadi director di film Insidious, sang pemain utama Patrick Wilson pun sempat bermain di Insidious juga loh.
Awal cerita kita akan diperlihatkan setingan di awal tahun 1970. Cerita tentang kengerian dari boneka Annabelle yang menyeramkan. Boneka Annabelle dirasuki oleh arwah seorang anak perempuan. Boneka Annabelle merasa kesepian karean tidak diperhatikan. Suatu ketika keanehan pun mulai terjadi pada Anabelle. Meski awalnya tidak terlalu disadari, boneka itu mulai terlihat beberapa kali berpindah tempat dari posisi asalnya. Bahkan, puncaknya pada suatu hari, mereka menemukan keadaan ruangan yang sudah tersayat-sayat dengan Anabelle yang tergeletak di lantai sambil berlumuran gumpalan merah seperti darah. Ketiga mahasiswa itu kemudian memutuskan untuk memanggil pasangan Demonologist, Ed dan istrinya, Lorraine Warren guna mencari tahu penyebabnya. Akhirnya, guna menghentikan resiko terburuk, mereka pun sepakat untuk mengadakan upacara pengusiran setan. Saat itu, pasangan Warrens juga memutuskan untuk memasukan Anabelle kedalam tas dan mengamankannya ke rumah mereka. Akhirnya, tak ingin ada hal buruk yang terjadi, Ed membuatkan sebuah lemari terkunci untuk Anabelle.
Kemudian cerita berpindah ke cerita keluarga Perron. Keluarga Perron yang terdiri dari pasangan suami isteri Roger Perron (Ron Livingston) Carolyn Perron (Lili Taylor) memiliki 5 anak perempuan yang baru saja menempati rumah baru mereka disebuah pedesaan yang sejuk lengkap dengan halaman yang luas dan sebuah danau didepan rumah.
Awalnya semuanya sangat antusias dengan kepindahan mereka ke rumah baru ini. Tapi, semua keceriaan keluarga Perron mulai terganggu ketika serangkaian kejadian janggal terjadi dirumah tersebut. Setiap hari terdengar suara langkah kaki, pintu terbuka dengan sendiri nya, suara bisikan bisikan hingga bau busuk yang menyengat yang selalu muncul ketika pukul 03:07 dini hari.
Tidak sampai di situ saja, “Terror” kepada keluarga Perron pun mulai meningkat ketika Roger Perron dan Carolyn Perron menemukan ruangan bawah tanah dirumah mereka. Setiap malam beberapa anak Perron mengalami hal yang aneh. Mereka mulai merasakan kaki mereka seperti ditarik oleh sesuatu, melihat bayangan misterius, selalu tidur sambil berjalan dan berhenti berdiri didepan sebuah lemari tua. Tak hanya ke-5 anaknya saja yang mengalami terror, sang ibu, Carolyn Perron juga mengalaminya hingga dibeberapa bagian tubuh nya membiru seperti luka lebam yang kemudian dia konsultasikan ke dokter dan dikira mengalami kekurangan zat besi. Foto-foto berjatuhan dari dinding rumah serta kejadian aneh lainnya.

Carolyn Perron menyaksikan seminar dari pasangan Demonologist, Ed dan istrinya, Lorraine Warren di sebuat universitas. Carolyn Perron pun berkonsultasi dan meminta bantuan kepada pasangan suami istri yang terkenal sebagai “Ghost Hunter” itu untuk menyelidiki apa yang terjadi di rumahnya. Ed Warren awalnya sempat menolak tapi akhirnya membantu keluarga Perron dikarenakan sang istri Lorraine Warren yang mempunyai indera keenam melihat sebuah kebahagiaan dan kehangatan sebuah keluarga dalam keluarga Perron.
Setelah melakukan investigasi bersama kedua rekan nya, Ed Warren dan istrinya tidak menyangka ternyata sosok yang mereka hadapi saat ini adalah sesosok iblis yang sangat kuat bernama Bathsheba. Dan Carolyn Perron yang terdapat banyak lebam ditubuhnya akhirnya dikuasai oleh sang iblis Bathsheba. Dari sekian banyak kejadian akhirnya terkuat siapa Bathsheba, setelah sang anak bungsu menemukan sebuah kotak musik dan berteman dengan hantu anak kecil bernama Rory.

Overall, untuk segi sound effect , The Conjuring ini masih ada beberapa bagian yang masih terasa seperti film Insidious dan sang hantunyanya pun sama, sekilas ada kemiripan make-up dengan di Insidious. Namun, James Wan menjadikan THE CONJURING sukses membuat bulu kuduk penonton berdiri. Selama hampir dua jam, penonton tidak dibiarkan untuk duduk menonton dengan tenang menyaksikan kengerian-kengerian dalam film THE CONJURING.
Tertinggal beberapa pertanyaan setelah menonton The Conjuring, apakah kaitannya Boneka Annabelle dengan keluarga Perron sebenarnya? Apakah setelah pengusiran setan rumah keluarga Perron sudah aman dan layak untuk ditempati? Penasarankan? Tunggu apalagi, jika anda memang pecinta film horor sejati, jangan sampai lewatkan film yang satu ini, dijamin anda akan terbawa oleh susana dan ketegangan yang ada di film The Conjuring. Enjoy ♥

3 thoughts on “The Conjuring : Kisah Teror Rumah Keluarga Perron

  1. Wah the conjuring itu mengerikan loh :(.
    Bikin takut.
    Good buat yang biin website ini :).

Leave a comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.