Freedom Speech

Kesadaran Masyarakat

Berita yang membahas langkanya bbm (bahan bakar minyak ) saat ini merupakan tindakan yang terlalu berlebihan. Tahukah teori komunikasi jarum hipodermik? Teori ini menganggap media massa memiliki kemampuan penuh dalam mempengaruhi seseorang. Media massa sangat perkasa dengan efek yang langsung pada masyarakat. Dari teori ini dapat ditarik satu makna, bahwa penyampaian pesannya hanya satu arah dan juga mempunyai efek yang sangat kuat terhadap komunikan.
Media massa memberitakan tentang langkanya bahan bakar minyak ini disejumlah daerah di tanah air terutama di Jakarta, membuat resah lapisan masyarakat. Dengan media massa memberitakan seperti itu sama saja seperti memasukkan pesan yang maknanya keseluruh masyarakat. Masyarakat indonesia merupakan masyarakat yang aktif dalam arti kesalahan sedikit saja demo. Jika nanti dengan langkanya bbm ini ada demo, siapa yang diuntungkan? Jelas negara akan rugi dengan diblokirnya beberapa jalan oleh demonstran. Sedangkan orang-orang, dirugikan dengan waktu dan kesehatan. Sedangkan media, secara jelas pasti menguntungkan. Selain akan mendapatkan berita, menambah nilai juga untuk stasiun tv tersebut.
Pendapat saya seharusnya media tidak secara berlebihan dalam memberitakan kelangkaan ini. Dengan berita ini pasti akan menambah mumet masyarakat. Biarlah kelangkaan ini menjadi pelajaran buat kita semua. Siapa tahu dengan kelangkaan ini membuat kemacetan di Jakarta menjadi berkurang. Jika ingin menaikkan harga bahan bakar ini, naikkanlah untuk masyarakat mampu, untuk masyarakat miskin bisa diatasi dengan membawa surat keterangan warga tidak mampu, sehingga harga bbm bisa sesuai dengan kantong mereka. Biarlah para masyarakat belajar mandiri dengan naik kendaraan umum contohnya kereta atau busway. Dengan syarat pemerintah memperbaiki sarana dan prasarana yang menunjang kenyamana masyarakat dalam perjalanan. Dengan kesadaran masyarakat seperti ini semoga kota jakarta menjadi tidak macet lagi. Solusi dari saya untuk mengatasi kemacetan jakarta.

Mahasiswi fikom Y.A.I angkatan 2009 ( broadcasting ).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s