Freedom Speech

Mengatasi Kemacetan ala Jokowi – Ahok

Kemacetan memang sudah menjadi makanan sehari-hari masyarakat Jakarta. Apakah anda pernah membayangkan Jakarta bebas kemacetan? Nah kali ini Gubernur dan Wagub DKI Jakarta Jokowi-Ahok mempunyai beberapa solusi mengatasi kemacetan. Ini membuat masyarakat menaruh harapan tinggi kepada mereka. Berikut ini beberapa solusi yang diberikan untuk mengatasi kemacetan jakarta :
1. Meninggikan separator Transjakarta
Transjakarta merupakan transportasi umum yang bebas hambatan karena memiliki jalur tersendiri (harusnya). Tetapi banyak masyarakat yang memanfaatkan jalur busway untuk menghindari macet, akibatnya busway menjadi tersendat dan lambat karena harus mengantri dan terkena macet di jalurnya sendiri. Salah siapa? Mobil atau motor dengan seenaknya masuk ke jalur busway, padahal sudah ada papan peringatan yang mangatakan kendaraan lain dilarang masuk kecuali busway. Tetap dilanggar? Yah begitulah masyarakat Indonesia. Tujuan dari peninggian separator busway ini tujuannya jelas, agar kendaraan lain tidak dapat “nimbrung” di jalur tersebut.
2. Disiplin lalu lintas
Warga Jakarta selalu mengeluh mengenai Jakarta yang macet. Tapi apakah mereka sadar bahwa kemacetan mereka yang buat sendiri? Berjalan ketika lampu merah? Mengebut di jalan? Tidak hanya masyarakat, harusnya para polantas juga harus bertanggung jawab terhadap semua ini. Mereka sudah digaji, tetapi jika siang hari terik mereka lebih memilih di pos mereka yang sejuk. Pemerintah juga harusnya menambah armada polantas di Jakarta. Terapkan sistem yang baik. Jangan memungut uang sehingga masalah selesai. Toh ini juga untuk kepentingan bersama bukan? Jika warganya disiplin, otomatis kemacetan bisa sedikit berkurang.
3. Sistem ganjil genap
Sistem ganjil genap ini akan mulai diteapkan awal 2013. Cara kerjanya yaitu ada kententuan yang berlaku setiap harinya. Setiap hari selalu ada plat nomor yang berbeda angka digitnya. Contohnya senin kendaraan berplat genap, selasa yang ganjil. Semoga orang yang kaya dapat sadar diri, jangan menggunakan kekayaannya untuk bertransportasi setiap harinya. Jika dekat yah gak usah naik mobil lahh, atau naik sepeda. Selain sehat kemacetan juga dapat berkurang.
4. Menghapus premium di Jakarta
Pemerintahan mencibir sistem ini. Mereka mengatakan wacana lebih mudah dikatakan daripada diterapkan. Seharusnya mereka mendukung segala yang bisa diterapkan untuk mengatasi kemacetan. Toh gak salah untuk dicoba. Daripada mereka hanya bisa menuntut, tetapi tidak dapat memberika solusi. Malu sama dasi dan kursi mereka yang mahal.

Saya sebagai salah satu warga Jakarta, mendukung segala solusi untuk mengatasi kemacetan. Memperbarui armada bus dan metromini, akan membuat suasana nyaman penggunanya. Dan untuk supirnya juga, patuhilah setiap aturan lalu lintas dan jangan ugal-ugalan. Semoga gubernur dan wagub kita dapat merealisasikan semuanya itu, dengan didukung juga dari pemerintah yang lebih kuat kekuasaannya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s