Freedom Speech · My Favorite

Monas alternatif liburan keluarga

Jika anda warga Jakarta dan sekitarnya? Tetapi tidak punya cukup biaya dan waktu untuk berlibur ke luar kota? Berlibur di Monumen Nasional atau lebih dikenal dengan Monas barangkali bisa menjadi alternatif liburan anda.
Monas terletak di pusat kota Jakarta. Lokasinya berdekatan dengan istana kepresidenan, juga dekat dengan masjid Istiqal masjid terbesar di Indonesia bahkan terbesar di Asia Tenggara. Monas mudah diakses dari segala arah. Jika naik busway dari harmoni, anda bisa turun di halte balaikota atau gambir 1 atau 2.
Lingkungan sekitar Monas adalah lingkungan teduh dengan banyak pohon-pohon rindang, ini menjadi daya tarik tersendiri di tengah kota metropolitan Jakarta yang panas karena kurangnya ruang terbuka hijau. Bagian puncak Monas terdapat lidah api yang di lapisi emas, menjadikan Monas sebagai ikon kota Jakarta.
Harga tiket masuk ke dalam museum hanya 5 ribu rupiah, karena saya menggunakan kartu mahasiswa saya hanya membayar 3 ribu rupiah, untuk anak-anak dikenakan 2 ribu rupiah. Sebelum masuk ke museum, kita harus melewati terowongan panjang untuk sampai ke dalam. Di dalam museum terdapat diorama sejarah bangsa Indonesia. Karena tempatnya sejuk, banyak ibu-ibu ataupun remaja duduk di lantai, bahkan ada yang tiduran. Saya pun duduk sebentar gak mau kalah.
Setelah puas melihat diorama, anda bisa naik ke puncak monas. Jika ingin naik, dikenakan biaya 10ribu rupiah, tapi antrinya panjang apalagi jika hari libur. Jadi harus datang lebih awal jika ingin naik ke puncaknya. Di puncaknya kita dapat melihat seluruh wilayah Jakarta, hingga melihat kapal-kapal yang berlabuh di tanjung priok. Tapi waktu itu saya tidak bisa naik karena antriannya panjang, saya hanya di cawannya saja. Tapi jangan sedih, di dalam cawan ada ruang kemerdekaan. Kita bisa mendengar bagaimana kumandang naskah proklamasi kemerdekaan sewaktu zaman pak Soekarno dulu, ada peta Kepulauan Indonesia juga.
Bagi anda yang suka berolah raga, monas juga menyediakan lapangan basket dan futsal. Ada juga yang menyewakan sepeda santai, jadi anda yang tidak suka jalan jauh dapat mencobanya. Pada malam hari biasanya ada pertunjukan air mancur yang menari di sisi barat monas.
Nahh semoga artikel ini bisa membantu anda dan keluarga jika ingin berkunjung ke monas. Gak ada salahnya berkunjung ke monas karena selain murah kita juga ikut membangun kota Jakarta tercinta.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s