Freedom Speech · Uncategorize

Car Free Day Night ala Pak Jokowi

Hari bebas kendaraan bermotor atau bahasa inggrisnya car free day di Indonesia bertujuan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor, dan diganti dengan aktivitas lainnya seperti naik sepeda, berjalan kaki atau kegiatan lain yang tidak menggunakan bahan bakar.
Kegiatan ini biasanya dilaksanakan setiap hari minggu di kawasan Sudirman dan Thamrin, dimana masyarakat dengan bebas berjalan kaki dan bersepeda. Kegiatan ini berlangsung selama 2 jam.
Nahh ngomongin car free day, Pak Jokowi akan memberlakukan Car Free Day Night pada tanggal 31 Desember 2012. Kegiatan ini akan dimulai pukul 21.00 WIB hingga 02.00 WIB pagi. Konsep ini pernah dilaksanakan Jokowi sewaktu menjabat sebagai walikota Solo. Jadi kemeriahan malam pergantian tahun baru nanti tidak akan diganggu oleh kendaraan dan kemacetan lalu lintas.
Menurut sumber dari Kompas.com, akan ada 15 panggung yang tersebar mulai dari air mancur patung kuda bunderan Indosat hingga Universitas Atmajaya. Panggung ini akan diisi aneka macam hiburan dari para seniman dan lainnya. Pada puncaknya akan ada pesta kembang api di bunderan HI.
Car Free Night pada malam Tahun Baru akan sekaligus menjadi perhelatan acara besar bertajuk Jakarta Night Festival. Kendaraan tak boleh melintas di sepanjang Jalan Thamrin, Anda bisa memarkirkannya pada beberapa titik.

Tidak seperti perayaan Tahun Baru sebelumnya di Jakarta yang selalu diwarnai kemacetan di Bunderan HI, tahun ini akan berbeda. Car Free Night akan diberlakukan selama malam pergantian tahun dengan sederet acara kesenian dan karnaval. Hal ini dilakukan demi memberikan kenyamanan pada masyarakat yang ingin menikmati suguhan hiburan.

“Tidak terlalu berbeda dengan car free day yang biasa dilakukan, cuma waktunya saja jadi malam. Jadi, saya yakin semua masyarakat sudah paham di mana dapat memarkirkan kendaraannya,” kata Arie Budhiman, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata DKI Jakarta, di Balai Kota DKI Jakarta, baru-baru ini.
Dijelaskan, tempat-tempat untuk memarkirkan kendaraan sebelum menikmati suguhan perayaan Tahun Baru di sepanjang Jalan Thamrin hingga depan Universitas Atmajaya, adalah Lapangan IRTI (seberang Balai Kota DKI Jakarta), Parkir Timur Senayan, Gelora Bung Karno, Masjid Istiqal, Lapangan Banteng, dan Jalan Lapangan Banteng. Jadi segera cari tempat parkir yah sebelum penuh dan sesuai dengan tempat tinggal anda..sehingga tahun baru di Jakarta akan menjadi aman dan menyenangkan ☺

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s