Freedom Speech

Narkoba Jenis Baru

Peredaran narkoba di Indonesia semakin marak saja. Baru-baru ini dunia entertainment Indonesia dikejutkan dengan penangkapan salah satu artis ibukota yaitu di Raffi Ahmad di rumahnya bersama Politikus Wanda Hamida, serta pasangan suami istri Irwansyah dan Zaskia Sungkar. Berita ini tentu sangat mengejutkan masyarakat, pasalnya seorang Raffi Ahmad, presenter, pemain sinetron sekaligus penyanyi ini terbukti menggunakan narkoba jenis baru yang bisa disebut “chatitone”.
Chatitone adalah sebuah barang yang mirip dengan narkoba. Chatitone juga merupakan Stimulan seperti amfetamin yang dapat di temukan pada tanaman Khat. Chatinone sintetis ini dapat menghasilkan euforia, keramahan yang meningkat, dan dorongan seks. Selain itu dari beberapa pengguna pernah mengalami paranoia, agitasi, delirium dan halusinasi sampai gejala psikotik, bahkan perilaku kekerasan hingga dapat membuat kematian. Di Amerika Serikat Chatinone ini di jual melalui via Online dan di toko-toko obat dengan berbagai nama  seperti Ivory Wave, Bloom, Cloud Nine, Lunar Wave, Vanilla Sky, White Lightning dan Scarface. Efeknya sebagai stimulan yang diharapkan meningkatkan rasa gembira, percaya diri dan keinginan seksual yang tinggi.

Via DetikHealth : Berdasarkan penelusuran, chatinone berasal dari tanaman Catha edulis atau Khat. Tanaman ini tumbuh di Afrika dan sebagian wilayah Arab. Di daerah asalnya, tanaman ini dikonsumsi langsung dengan cara dikunyah dan bukan diekstrak kandungan aktifnya yakni chatinone.
Dilihat dari strukturnya, chatinone tidak jauh berbeda dibanding narkoba yang lebih populer di Indonesia yakni amphetamine. Meski tidak termasuk golongan amphetamine, chatinone memiliki efek yang kurang lebih sama yakni mampu membangkitkan stamina.

Dari detik.com Senin 28 Januari 2013 : Badan Narkotika Nasional (BNN) menemukan zat narkoba baru dalam kasus Raffi Ahmad. Zat itu kini masih diselidiki, oleh ahli-ahli di BNN. “Kita sedang mencari referensi ke Singapura dan Amerika,” jelas Deputi Penindakan BNN Irjen Benny Mamoto di Cawang, Jaktim.
Benny menjelaskan, narkoba ada dua jenis, alami dan narkoba dari tanaman seperti ganja dan kokain. “Tapi ada juga jenis sintetis terbuat dari bahan kimia terus berkembang bagaimana kepandaian meracik dan meramunya,” jelasnya.

Dengan adanya penangkapan ini kita melihat bagaimana rentannya dunia pergaulan artis kita. Uang melimpah serta kepopuleran justru malah membuat sang artis melarikan diri dan ketika menemukan dunia baru seperti narkoba ini membuat lupa akan karir yang dibangun dari awal. Jika melihat hukuman narkoba di Indonesia, masih kalah dibandingkan negara maju yang berani memberikan hukuman mati kepada para pengedar. Beberapa bulan silam, kita ingat gembong narkoba internasional Mairika Franola alias Ola yang diselamatkan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dari hukuman mati melalui grasi dengan Keppres Nomor 35/G/20122 dan ditandatangani 26 September 2011, ternyata berulah lagi sebagai pengedar Narkoba.
Pemberian grasi oleh SBY yang katanya atas dasar pertimbangan kemanusiaan disalahgunakan oleh Ola yang menjadi otak penyelundupan narkoba.
Semoga dengan ditemukannya narkoba jenis baru ini, membuat pihak negara terlebih BNN memperbaharui undang-undangnya sehingga masalah ini tidak dibuat ribet dan bertele-tele. Sehingga masyarakat yang menunggu penjelasan masalah ini segera diberikan kebenarannya. Pemberantasan narkoba di Indonesia harus benar-benar ditindak keras. Jika tidak, akan semakin banyak kurir narkoba yang dengan mudah masuk ke Indonesia dan menyebarkan narkoba ke generasi muda kita karena dipikirnya hukuman di Indonesia terlalu lemah dan masih bisa ditolerir. Ini bukan perdagangan, yang dengan sengaja mengimport narkoba sudah seharusnya pihak yang berpendidikan menyadari hal itu. Pikirkan bukan hanya keuntungan saja, tapi apa akibat yang bakal didapat dari kesenangan sesaat yang ruginya seumur hidup ini. Jadikanlah Indonesia yang bebas dari narkoba, kalo bukan dimulai dari kita, siapa lagi?

Sherly – Fikom broadcast UPI YAI 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s