Freedom Speech

Menteri naik gaji

Sungguh ironis dengan negaraku ini..masih banyak warga miskin yang hidup dengan penuh keterbatasan. Mempunyai tempat tinggal saja sudah bersyukur, untuk bisa bersekolah itu sungguh luar biasa bagi mereka. Hidup layak mungkin menjadi impian tiap warga miskin di Indonesia, beratnya hidup menjadikan tak sedikit pun masyarakat kita melakukan pekerjaan tidak halal demi menyambung hidup.

Hari ini, kamis 31 Januari 2013. Siang ini saya menghabiskan waktu luang dengan membaca koran Warta Kota. Pada kolom Nasional/Internasional halaman 10 pojok kanan bawah, terdapat headline ” Gaji menteri akan naik, dari Rp 6 juta jadi Rp 25 juta “.

Berikut kutipannya :

Kementerian Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi berharap gaji pejabat negara naik pada tahun ini meliputi preseden, wakil presiden, menteri, anggota MPR-DPR, gubernur serta bupati dan walikota.

Dalam rapat program yang diselenggarakan Rabu 30 Januari 2013 di Jakarta yang bertajuk “Penguatan Agen PerubahanDaerah untuk Reformasi Birokrasi”, Anwar Abubakar selaku Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan) menyebutkan bahwa gaji pokok menteri saat ini Rp 6 juta dan jika digabung dengan tunjangan sebesar Rp 19,6 juta.

Sementara undang-undang Nomor 43 tahun 1999 pasal 76 ayat 2 menyebutkan tunjangan tidak boleh melebihi gaji pokok. 

Menurutnya, kenaikan gaji tersebut sudah sesuai dengan kinerja pejabat negara. Dia menambahkan “Jika gaji pokok naik, maka gaji pensiunannya juga naik ” katanya.

Namun dia mengaku akan memproses kenaikan gaji tersebut agar sesuai dengan kinerja pejabat. Menurutnya kenaikan ini bertujuan agar pejabat tidak korupsi dengan menerima tunjangan yang layak.

Bagaimana para pembaca..menurut kalian pantaskah gaji para pejabat itu dinaikkan? Bagaimana dengan tanggapan “sudah sesuai dengan kinerja?”.

Jika kita lihat, untuk saat ini saja para pajabat negara sudah mendapatkan gaji kurang lebih hampir Rp 20 juta dan sudah melanggar UUD yang mengatakan tunjangan tidak melebihi gaji pokok. Apakah dana sebesar itu masih kurang sehingga harus menaikkan gaji mereka. Kinerja mereka saja sampai saat ini belum terlihat. Pak Presiden pada masa jabatan keduanya ini seperti memilih menteri yang salah. Banya menteri yang hanya bisa bekerja sambil bersenang-senang di saat waktu kunjungan, terlebih ketika ditugaskan ke luar negeri. Menteri HAM yang saat ini tidak bisa memperjuangkan hukuman untuk warga kurang mampu yang terpaksa mencuri untuk bisa makan, Menteri Keamanan yang belum bisa membuat  warga Indonesia aman, sehingga masih banyak kasus penculikkan hingga pembunuhan yang setiap harinya terjadi. Pejabat yang memakai kewenangannya untuk korupsi, menggunakan uang negara hanya demi kehidupan semata.

Menurut saya sangat disayangkan Pak Anwar selaku Menpan mengeluarkan pernyataan seperti itu, terlebih kepada media yang memang tugasnya mencari berita dan menginformasikan kepada masyarakat luas. Mengeluarkan pernyataan bahwa pejabat sudah bekerja dengan baik. Mana buktinya? Untuk meredam tingkat korupsi yang dilakukan pejabat negara bukan dengan menaikkan gaji dan melanggar UUD yang memang dibuat, tetapi diberikan seminar atau penyuluhan agama mengenai sebab akibat korupsi. Yang korupsi saja cuma diberikan hukuman 5 tahun dengan kerugian negara puluhan milyar, tetapi jika warga miskin diberikan hukuman seberat-beratnya. Daripada menaikkan gaji, lebih baik anggarannya digunakan untuk keperluan lain yang dapat digunakan oleh warga banyak. Jika korupsi yah mengaku saja, berani korupsi tetap tidak berani mengakui, malu sama dasi dan jas yang dipakai.

Saya sebagai warga negara sungguh kecewa dengan pemerintahan di Indonesia. Mereka cuma bisa berjanji, tetapi tidak dapat merealisasikannya. Semoga di tahun 2014 nanti kita mendapatkan seorang presiden yang benar bersih dan tulus dari hati untuk membangun negeri kita, Indonesia.

Mahasiswi Fikom- Broadcast YAI 2009

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s