Freedom Speech

Terungkapnya kebocoran Sprindik Anas Urbaningrum

Beberapa waktu yang lalu, masyarakat Indonesia mendapatkan informasi baik dari media cetak, media sosial hingga media elektronik tentang kebocoran sprindik Anas Urbaningrum. Mungkin banyak yang belum mengetahui arti dari sprindik itu.

Sprindik sebenarnya adalah sebuah singkatan kata dari Surat Perintah Penyidikan. Sedangkan, SPRINDIK sebagai alat pengaman yang sangat efektif untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan wewenang dan di pihak tersangka berarti jaminan dan perlindungan.

Sprindik Adalah Surat Perintah yang dikeluarkan oleh Atasan Penyidik kepada Penyidik/Penyidik Pembantu yang namanya tercantum dalam Surat Perintah Penyidikan, setelah adanya kesimpulan dari gelar/evaluasi hasil penyelidikan bahwa telah terjadi tindak pidana. Sehingga dengan demikian sprindik ditanda tangani oleh atasan penyidik. Dan atasan penyidik adalah Pejabat yang secara struktur berkedudukan sebagai atasan Penyidik (http://infowuryantoro.blogspot.com/2013/02/sprindik-sprindik-anas-urbaniningrum.html).

Wiwin Suwandi, sekretaris dari Ketua KPK Abraham Samad yang membocorkan sprindik itu. Wiwin mengatakan, ia tidak mempunyai motif untuk membocorkannya, tapi hanya membenci para koruptor.

Kebocoran informasi ini bukan kali pertama yang dilakukan oleh Wiwin. Sebelumnya Wiwin juga membocorkan informasi kepada wartawan terkait kasus dugaan korupsi di Korlantas Polri, kuota import daging sapi, dan kasus suap bupati Buol.

KPK memang memperkerjakan Wiwin yang memang bukan orang yang berpengalaman sebagai sekretaris ketua KPK. Ini menjadikan pelajaran bahwa KPK harus lebih berhati-hati dan lebih ketat dalam menjaga keamanan informasi.

Saat ini Wiwin sendiri sudah diberhentikan oleh KPK secara tidak hormat (dipecat) menyusul keputusan Komite Etik yang memutuskan bahwa sekretaris ketua KPK itu terbukti bersalah sebagai pelaku utama kebocoran sprindik Anas Urbaningrum.

Dalam kasus ini, Komite Etik juga memberikan sanksi tertulis kepada Abraham Samad karena dianggap lalai mengawasi sekretarisnya.

Bagaimana tanggapan kalian?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s