Freedom Speech · My Favorite · Uncategorize

Indahnya Berbagi

Halo semuanya, rasanya sudah sebulan ini tidak memposting di wordpress karena kesibukan pekerjaan di kantor. Nah kali ini aku mau bahas mengenai hari Raya Idul adha yang pastinya di peringati oleh semua umat muslim di dunia.

Idul adha tahun ini tepat diperingati di hari Rabu, 15 Oktober 2013. Setelah sebelumnya para umat muslim menunaikan shalat ied di tempat yang telah ditentukan (lebih banyak di lapangan masjid). Jadi setiap tahunnya umat islam memperingati 2 kali hari raya lebaran. Satu Lebaran Idul Fitri dan satunya lagi Idul Adha yang dikatakan sebagai hari lebarannya bagi para jemaat haji.

Kita pasti sebelumnya sudah melihat para pedagang hewan kurban yang menjajakan hewan dagangannya di sepanjang jalanan. Bau dari hewan kurban yaitu kambing atau domba juga sapi sangat menusuk penciuman dan itu berlangsung selama H-7 hari idul adha. Aku sendiri sebenarnya non muslim tapi aku tetap menghormati dan merayakannya karena saat ini aku tinggal di rumah om ku.

Tahun ini keluarga kami menyumbang kambing, om pertama menyumbang 2 kambing dan om kedua menyumbang dua kambing. Tidak seperti tahun lalu salah satunya menyumbang seekor sapi, tapi tahun ini ingin berbeda akhirnya semua nya berkurban kambing hehe..

Sebelum di sembelih hewan kurbannya di doakan dahulu, entah prosesnya tidak sepenuhnya aku mengerti. Tapi dengan berkurban, artinya kita seperti merelakan atau berbagi atau bisa juga belajar ikhlas dan upahnya besar di surga. Oia aku tidak bisa membayangkan para hewan itu diberi makan sebanyak-banyaknya selama seminggu agar tetap fit dan beratnya terjaga, karena kualitas mempengaruhi harga loh. Khan gak mungkin kita memilih hewan kurban yang dalam kondisi tidak baik, bisa-bisa kita semua ikutan akibatnya entah sakit atau diare wekkk.

Satu persatu hewan kurban di sembelih oleh pak ustad yang dipercaya keluarga, miris banget apalagi ketika kambing-kambing itu berteriak dan akhirnya darah mengalir dari leher keempat kambing itu. Setelah itu keempat kambing diikat di tali, membutuhkan beberapa orang yang dengan sigap menguliti kulit dan bulunya. Kulit dan bulunya bisa digunakan untuk membuat bedug masjid lohh😀

Pemotongan dan pembagian sudah dilakukan, mungkin dapat sekitar lebih dari 300 kantung yang dibagikan kepada orang-orang bantaran kali Ciliwung. Memang banyak warga yang belum bisa berkurban, tapi tidak menutup kemungkinan mereka tidak ikut merasakan indahnya berbagi kali ini. Lagian bukan hanya keluargaku saja yang berkurban, masih banyak orang-orang sana yang berkurban. Makanya setiap hari Idul adha semuanya senang karena mendapatkan kesempatan makan daging yang banyak. Mulai dari sate hingga sop kambing wuihhhh asapnya tercium dari berbagai arah lohh😀

Sebenarnya yang paling aku suka ketika semua keluarga berkumpul. Moment berkumpul ini memang jarang sekali bisa terealisasi. Kesibukan tiap orang membuat kita tidak mudah dikumpulkan. Walau lelah dengan persiapan dari awal hingga selesai (padahal gak ikut motong) tapi rasanya menyenangkan. Dengan ini kita bisa berkumpul sekaligus merasakan indahnya berbagi terhadap sesama.

Mohon maaf juga kayaknya sama kambing dan sapi yang dikurban. Hehe kasihan abisanya..
Sampai jumpa Lebaran idul adha tahun depan yahh😀 selamat bersate ria.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s