Freedom Speech

Kiat Belajar Bisnis Batu Akik

Saat ini batu akik merupakan sebuah fenomena dan ladang bisnis baru di Indonesia. Fenomena ini dibuktikan dengan menjamurnya para pedagang batu akik, mulai dari pinggir jalan raya, bahkan masuk ke mall besar dalam kota, yang lebih mengagetkan fenomena ini sudah memasuki ranah online alias jualan menggunakan bantuan internet. Keren khan?! Dahulu, pengguna batu akik hanyalah segelintir orang saja yang memang memiliki minat kuat kepada batu akik. Tetapi saat ini, bukan hanya orang tua, tetapi anak muda pun terkena demam batu akik.

Sebenarnya apa sih batu akik itu?

Batu akik adalah batu yang terbentuk secara alami oleh alam. Batu akik terbentuk dari pembentukan mineral ataupun komponen alami lainnya dalam kurun waktu yang sangat lama, bahkan bisa mencapai jutaan hingga ratusan tahun. Batu akik tidak dijual begitu saja, harus dipoles terlebih dahulu agar diminati para kolektor di luar sana. Omzet penjualan batu akik tidak main-main, bisa mencapai sekitar empat juta rupiah dalam sehari. Fenomenal bukan? tumblr_inline_mu85c0e1Ex1s3fk41 Fenomena batu akik yang menyebar dengan cepat adalah sebuah euphoria, dimana orang-orang mulai berbondong-bondong untuk membeli, melihat bahkan mengunjungi pedagang batu akik. Dimulai dari menteri, karyawan kantoran, dosen, supir, pedagang hingga pelajar dan mahasiswa berbondong-bondong terkena demam batu akik.

Lalu apasih yang membuat kalian tertarik batu akik?

Setelah ditelusuri tentang fenomena batu akik, menurut wakil kota Surabaya Tri Rismaharini yang ditemui tim TEMPO di pameran Surabaya Great Expo 2015 yang bertempat di Grand City Surabaya pada Rabu, 27 Mei 2015 lalu. Ia menjelaskan, batu akik merupakan salah satu potensi di Indonesia yang perlu di dukung dan dikembangkan. Berkat adanya fenomena batu akik, maka daerah-daerah yang memang memiliki batu akik semakin dikenal dan di dengar orang banyak. Bukan hanya dikenal di dalam negeri, jika bisa sampai ke luar negeri. Lihat saja Victoria Beckham di Twitternya : 2015-06-09_182122

Foto ini membuktikan bukan hanya orang Indonesia saja yang gemar bermain batu akik, tetapi selebriti di luar negeri pun ikut ambil bagian dalam fenomena ini. Batu akik milik Victoria ini masuk kategori Adularia Moonstone yang asalnya dari Sri Lanka, Myanmar, India, atau Madagaskar.

Sebelum batu akik menjadi tren seperti sekararan ini, penggemar batu akik hanyalah para orangtua, lihat saja kakek atau ayah kamu mungkin mereka salah satu kolektor batu akik pada zamannya.

www.tribunnews.com----

Mengapa Tertarik Dengan Batu Akik?

Menulis ini berawal dari ketertarikan aku dengan bos di kantor. Dia adalah salah satu penggemar, kolektor dan memiliki bisnis batu akik juga. Walau tidak tertarik memakainya, tapi antusiasme sang bos membuat aku menjadi lebih ingin tahu. Dari situ aku menjadi paham, ternyata ada berbagai jenis batu akik yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Batu akik pun menonjolkan citra Indonesia. Dan jangan salah, saat ini batu akik pun mulai di produksi dengan model dan ukuran yang pas di jari wanita. Jadi nantinya bukan hanya para cowok saja yang menggunakan batu akik, tetapi wanita juga bisa merasakannya. Jangan hanya bisa marah-marah saja jika pasangannya pergi ke tempat batu akik, tetapi anggaplah itu sebuah penghargaan buat mereka (Tapi yang cowok harus tahu diri juga yah)😀

HS_GemstoneGuide_Header

Bagaimana Kiat Memulai Bisnis Batu Akik?

Bisnis batu akik saat ini merupakan sebuah peluang usaha yang “seksi”, diminati dan membuka lapangan kerja baru di banyak daerah. Bisnis ini memang sangat menjanjikan, berikut adalah sedikit tips untuk kamu yang ingin memulai bisnis batu akik ini :

  1. Belajar tentang batu akik, sebelum memulai usaha tidak ada salahnya jika kamu mencari seluk beluknya terlebih dahulu. Mulai dari karakter batu, jenis, asal batu dan juga harga batu akik di pasaran. Jangan malu pula untuk bertanya kepada yang sudah berpengalaman.
  2. Perhatikan Modal Awal, kita tidak pernah tahu apakah bisnis ini akan bertahan berapa lama. Gunakan modal simpanan, jangan sampai bisnis ini mengganggu kesehatan keuangan kamu
  3. Survey produk dan harga, survey produk dapat menentukan seberapa besar omzet kamu, sebagai seorang pemula lakukanlah survey terlebih dahulu terhadap produk yang memang diminati, kemudian lakukan juga survey harga, jangan sampai kamu salah menjual batu akik. Semakin sering melakukan survei semakin baik mengingat harga batu akik bisa berubah-ubah setiap saat
  4. Lakukan Inovasi, lakukan inovasi batu akik yang dijual secara berkala, tampilan unik dan kreatif akan menarik minat konsumen untuk membeli.
  5. Tentukan Segmen, segmen memiliki arti apa keahlian dalam menjalankan bisnis batu akik, apakah ahli dalam mengoles batu akik, menghias bingkai cincin, promosi atau penjualan. Semakin anda tepat menentukan segmen maka anda bisa semakin fokus dalam menjalankan bisnis ini.

Tertarik berbisnis batu akik?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s