Freedom Speech

Promosi Brand Melalui Media Pinterest? Bisa!

Dewasa ini, penggunaan social media untuk media promosi bukanlah hal yang baru. Banyak pebisnis berbondong-bondong melakukan promosi usahanya secara online. Selain efektif dan menjangkau banyak wilayah, promosi melalui media online lebih murah dan tidak memerlukan banyak waktu sehingga info lebih cepat sampai ke konsumen.

Sebelum memilih channel apa yang akan kita gunakan sebagai media promosi, adakalanya kita harus tahu terlebih dahulu karakteristik usaha dan produk yang akan ditawarkan. Kali ini aku ingin membahas Pinterest sebagai salah satu channel promosi.

pinterest-for-business

Apasih Pinterest itu?

Pinterest adalah sebuah media sosial yang berdiri sejak tahun 2009, yang berhasil menarik pengunjung sekitar 11 juta setiap minggunya. Ini membuat Pinterest masuk dalam jajaran media sosial yang populer.

Pinterest adalah sebuah platform yang unik, karena mampu mengumpulkan dan menggabungkan konten dari para pengguna maupun brand dari luar. Pinterest menawarkan keunggulan visual dimana kita disuguhkan berbagai gambar menarik dan dibagi menjadi berbagai kategori masing-masing minat.

Pinterest mampu menarik gambar dari berbagai situs besar, yang memancing orang untuk membangun board mereka untuk mengkoneksikan foto secara online. Jared Del Prete, Direktur Strategi Digital dari EGC Group mengatakan, semakin banyak orang mem-pin konten dari situs yang mereka sukai dan orang lain melihatnya, terbentuklah sebuah efek viral. Inilah yang menyebabkan media Pinterest menjadi tools yang berharga dari sebuah brand.

Nike-Pinterest-Board

Berikut adalah beberapa istilah dalam Pinterest :

Pin : Sebuah gambar yang kita letakkan pada Pinboard Pinterest
Pinning : cara meletakkan sebuah gambar pada papan Pinterest
Pinner : Orang yang melakukan Pin atau Repin
Pin It Button : Tombol Pin yang bisa kita letakkan dalam blog/website
Repin : Upaya memposting ulang sebuah Pin dari pengguna Pinterest lain
Board : Serangkaian Pin yang dibagi berdasarkan kesamaan tema atau kategori
Follow : Tindakan untuk mengikuti perkembangan isi suatu board dari seorang pengguna Pinterest

Bagaimana mempromosikan brand melalui Pinterest? 

Bidang usaha yang cocok di promosikan Pinterest adalah fashion. Berikut adalah tips untuk mempromosikan brand melalui sosial media Pinterest :

1. Produk dengan visual yang menarik.
Tata produk agar terlihat menarik secara visual. Perhatikan letak produk dan komposisi warna. Jangan sungkan mengajak teman yang jago foto untuk membantu menata produk kamu ke dalam visual yang oke.

2. Cantumkan logo/ identitas usaha/produk Anda pada visual.
Letakkan logo tersebut tanpa harus mengganggu visualisasi produk. Bila perlu cantumkan alamat website, sehingga bila ada yang melihat produk bisa mengarahkan mereka menjadi pengunjung website kita.

3. Bantuan untuk me-repin
Mintalah bantuan sejumlah teman yang menyukai aktivitas di Pinterest untuk me-repin produk kia.

4. Perbaharui Produk
Konsumen menyukai produk yang up to date. Kita dituntut untuk secara konsisten mmemperbaharui jumlah visual, agar makin banyak yang tertarik kepada usaha/ produk kita.

5. Beri keterangan lengkap.
Jangan lupa untuk memberikan keterangan mengenai usaha/produk di kolom deskripsi. Cantumkan nomor telepon/ alamat e-mail yang dapat dihubungi.

6. Tag mendukung untuk visibility produk.
Berikan hastag pada visual sesuai karakter produk yang tujuannya adalah agar produk dapat terlihat ketika member mencari produk yang diinginkan melaui hastag.

7. Berinteraksilah.
Berinteraksilah dengan member Pinterest yang lain. Add mereka sebagai teman, dan bila perlu berikanlah komentar yang positif mengenai visual yang mereka koleksi. Bila perlu buatlah kategori tersendiri untuk me-repin gambar-gambar yang menarik kedalam board kita, sehingga memancing member lain untuk membuka board kita.

tumblr_inline_ngmy5vWo3a1qgs0z6

Nah mungkin ini sedikit membantu kamu jika mau belajar mempromosikan brand kamu melalui media Pinterest. Happy pinning dan selamat mencoba🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s