digital

Micro Moments

Belajar sebuah hal baru bisa terjadi secara kebetulan, baik kebetulan yang disengaja maupun tanpa disengaja. Jadi, kemarin kebetulan di kantor gue ada sharing session dari tim PPC (Pay Per Click) mengenai Level Up dari Adwords. Sharingnya keren, biarpun diadakan di sela-sela jam kerja, tema yang diambil cukup membuat para anak-anak kantor yang haus ilmu menjadi penasaran. Termasuk gue sendiri.

Walaupun sempet belajar sih sedikit tentang Adwords (walau gak paham banget), tapi sharing ini memberikan sebuah kosakata baru yang akan menjadi ilmu baru buat diri gue, namanya Micro Moments.

Apasih Micro Moments itu?

Setiap hari pasti selalu ada hal baru yang terjadi. Seperti yang kita ketahui, perilaku konsumen akan sebuah kebutuhan pasti berubah seiring perkembangan waktu. Apalagi dengan teknologi yang semakin berkembang, memungkinkan semua dapat diakses dengan menggunakan sarana internet.

Apa hubungannya kebutuhan dengan internet? Mengapa merubah perilaku konsumen? Simak video berikut dulu yuk.

Buat para pemain di dunia digital pasti mengetahui istilah ZMOT (Zero Moment of Truth), dimana para konsumen memulai perjalanan digital dari memilih, me-review, memilih brand hingga memutuskan untuk membeli dan mempengaruhi teman-temannya.

Capture

Perangkat seluler seperti handphone telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari, kita menyaksikan perubahan mendasar dalam mengkonsumsi media. Nah sekarang ini ZMOT sudah beralih ke Micro Moments. Micro Moments terjadi ketika orang secara refleks berpaling ke handphonenya untuk mencari, memilih, melakukan sesuatu hingga membeli sesuatu.

Konsumsi Media Merubah Perilaku Baru Konsumen

Sebagai contoh paling mudah adalah saat kita mau traveling. Apasih yang pertama kali kamu pikirkan saat merencanakan bepergian? Mencari harga referensi tiket, tempat wisata, makanan setempat hingga akhirnya baru membuat sebuah planning. Pada saat ini, harapan konsumen lebih tinggi dari sebelumnya.

Travel Jouney (2).jpg

Berdasarkan penelitian dari para traveller yang menggunakan handphonenya saat bepergian, hampir 69% mereka mencari ide-ide perjalanan selama waktu luang. Sebagai contoh saat mereka menunggu barisan atau menunggu antrian kereta. Setelah menemukan ide, hampir setengah dari mereka, lebih memilih dan memesan produk pilihan mereka melalui media online, karena mereka sudah mendapatkan referensi secara lengkapnya dari mesin pencarian dan dikarenakan waktu yang digunakan cukup singkat dan mudah tanpa mereka harus pergi langsung ke tokonya.

Google Micro Moments

Jadi apa sih Micro Moments itu?

Micro Moments adalah sebuah journey yang baru-baru ini dirilis oleh Google. Micro Moments menunjukkan bahwa perubahan konsumsi para konsumen dapat berubah secara cepat. Disini terdapat 4 tahapan dalam Micro Moments :

  1. Want-To-Know Moments
  2. Ketika kamu memutuskan untuk meluangkan waktu untuk berlibur ke suatu tempat. Kamu akan mulai berpikir “Dimanakah tempat yang paling cocok untuk kamu menghabiskan waktu?” Kamu ingin tahu jawabannya dengan mulai mencari nama-nama tempat liburan yang cocok melalui refernsi di website online. Pergi ke mesin pencari Google dan mulai menjelajah tempat terbaik untuk liburan.

  3. Want-To-Go Moments
  4. Ini adalah saat kamu sudah memutuskan dimanakah kamu akan berlibur. Pantai merupakan ide yang bagus! Tetapi kira-kira pantai dimakah yang akan kamu datangi?

  5. Want-To-Do Moments
  6. Setelah mendapatkan informasi dan mempelajarinya, kamu kemudian ingin belajar tentang proses, layanan, atau produknya. Kamu mulai mencari proses berlibur ditempat pilihanmu melalui video. Di YouTube kamu melihat apa yang orang lain katakan tentang tempatnya, atau hanya ingin melihat suasananya.

  7. Want-To-Buy Moments
  8. Ini adalah proses terakhir dari journey Micro Moments. Setelah menonton video referensi di Youtube, kamu sudah dapat memilih pantai terbaik mana yang akan kamu datangi untuk liburan. Selamat, Anda telah menyelesaikan proses pemilihan liburanmu.

Source :
ThinkWithGoogle
https://www.interaction-design.org

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s