Self

Belanja Online di Orami by Bilna

Belanja Online di Orami by Bilna

Yeay..akhirnya ada tulisan di bulan Juli. Sebenarnya bukan ingin dibilang sok sibuk, tapi dikarenakan ada beberapa keperluan dan pastinya pekerjaan yang gak bisa ditunda, makanya akhir-akhir ini jadi jarang update di blog.

Hari ini aku akan menceritakan salah satu pengalaman terburuk berbelanja online. Jujur, karena teknologi yang semakin maju, belanja secara online sudah menjadi salah satu habit yang susah buat ditinggal. Kemudahan, kecepatan dan sistem kepercayaan dari konsumen kepada penjual yang memang dipercaya menjadi tempat kita berbelanja adalah satu hal yang harus diperhatikan. Gak mau khan jika kamu sudah meng-order barang terus yang dateng gak sesuai harapan? Ihh pasti kesel banget dong sampai pengen nyemburin api dan bakalan berpikir ulang untuk berbelanja di tempat yang sama (anaknya gampang move on online shop).

SAMSUNG CSC
https://stocksnap.io/

Nah pengalaman belanja online kali ini adalah di Orami by Bilna. Orami by Bilna ini merupakan strategi rebranding antara Moxy (e-commerce asal Thailand) dan Bilna (e-commerce khusus ibu dan bayi asal Indonesia). Sebelum keduanya rebranding, aku pernah menjadi salah satu pemenang lomba blog yang di adain oleh Moxy Indonesia, yang kebetulan aku ikut berpartisipasi dalam perayaan hari Ibu. Liat artikelnya disini.

Ini adalah pengalaman pertama order barang di Orami by Bilna. Awalnya agak khawatir sih, karena melihat ada beberapa review jelek tentang e-commerce ini. Berhubung teman sekantor sering order produk ibu dan mama disini, jadi ya mungkin ga masalah buat nyoba order. Nah hari Kamis 14 Juli 2016 lalu, aku berhasil order beberapa produk kosmetik dari salah satu brand asal Indonesia juga produk fashion. Untuk email konfirmasi pemesanan berhasil aku terima beberapa menit setelah selesai order.

orami 1

Sebagai pemain lama di dunia belanja online, setelah menerima ini otomatis kita sebagai pemesan diharuskan segera melakukan pembayaran dan melakukan konfirmasi pembayaran juga via website. Setelah mengikuti semua prosedur dan melakukan konfirmasi, kita akan menerima konfirmasi pembayaran dari pihak penjual. Untuk SOP nya memang di tuliskan, konfirmasi pembayaran maksimal 24 jam. Okelah ya, aku order Kamis 14 Juli 2016 dan beberapa menit kemudian langsung melakukan pembayaran. Tetapi hingga Jumat, 15 Juli jam 4 sore aku masih belum menerima konfirmasi pembayaran. Waktu mendekati 24 jam, panik mode on dong..gimana jika pembayaran kemarin belum diterima. Akhirnya aku mengirimkan email ke CS Orami by Bilna.

orami 2

Disini aku udah ngerasa bahwa pelayanannya kurang banget. Jika dilihat kebelakang, Bilna bukanlah pemain baru di bidang e-commerce dan sudah ada beberapa e-commerce besar yang mungkin bisa diambil study kasusnya. Dan inilah email balasan dari CS Orami by Bilna.

orami 3

Ini belum konfirmasi pembayaran. Hanya email balasan😦 jam 17.15 PM. Dan akhirnya datang juga email yang ditunggu. Mungkin seperti mencari jarum di tumpukan jerami ya, rasanya sulit banget. Ckck.

orami 4.JPG

Karena aku sering berbelanja online terutama dari e-commerce seperti Lazada, Zalora, Hijabenka, Berrybenka dan beberapa e-commerce ternama lainnya, melihat pelayanan yang kurang memuaskan dari tim Orami by Bilna membuat aku akan berpikir dua kali walaupun ada diskon besar-besaran sekali pun. Dan masalah gak cuma sampai disini…

orami 5

Sebenernya ngerasa ada uang masuk itu udah feeling kalo refund dari Orami udah nasuk, gak signifikan sih bertambahnya. Tapi hal ini gak aku ambil pusing, ya mungkin ada yang transfer juga atau apalah. Siangnya agak lupa jam berapa, ada ditelpon oleh nomor ga dikenal. Katanya sih dari CS Orami by Bilna. Wah ada apa nih..sampai disini pun ga nyangka bakalan ngalamin kejadian begini saat belanja online. Setelah berbincang beberapa menit, CS menjelaskan bahwa uang yang di refund kelebihan dan meminta aku untuk mentransfer balik ke rekening Orami. Duh karena berpikir ini agak ribet, aku minta dong untuk mengirimkan detail ya by email. Email ga langsung dikirim, perlu beberapa jam kemudian email baru masuk.

orami 6

Sebenernya gak masalah sih jika memang harus balikin dana, tapi lebih karena kecewa sama pelayanan dari Orami. Karena aku tipe orang yang mementingkan detail, tambah kecewa lagi karena CS dari Orami sama sekali gak mengirimkan detail history dari refund ini. Mau gak mau harus menjumlahkan sendiri deh😦

Nah begitulah pengalaman aku belanja di Orami by Bilna. Kecewa banget sih, karena objektif belanja online khan karena waktu lebih fleksibel, aman dan cepat tapi kenapa justru malah dibuat ribet. Alasan pembeli gak hanya aku aja, ya semua online shop juga seperti ini bukan? Apalagi perusahaan yang bergerak di bidang e-commerce, update itu lebih baik di lakukan setiap hari kalau gak mau ketinggalan oleh kompetitor pesaing lainnya.

Maklum, aku bekerja di bidang online digital, jadi paham dan bukan orang awam yang cuma belanja, bayar terus nerima. Overall, thanks juga buat Orami by Bilna udah mau menerima order aku dan menerima komplain yang aku kirim hahaha😀 mohon maaf jika ada salah kata dan sekali lagi semoga pelayanan Orami by Bilna bisa lebih baik ke depannya.

Buat kamu yang mau coba belanja online terutama di Orami by Bilna, aku masih ada kupon potongan sebesar 50K. Jika berminat, please komen pendapat kamu dan aku akan memilih salah satu dari komentar yang masuk ya🙂

Terima kasih sudah mampir..

One thought on “Belanja Online di Orami by Bilna

  1. Saya juga baru pertama kali ini belanja di orami. Sudah melakukam pembayaran tapi masih menunggu verivikasi.. Iseng lihat google dan akhirnya tertarik sama tulisannya mbak.. Terima kasih atas informasinya..

Leave a Reply

